Senin, 25 April 2011

Gagal Ginjal Kronis (Chronic Kidney Disease)

Pengertian Gagal Ginjal Kronis (Chronic Kidney Disease)

Gagal ginjal adalah kemunduran perlahan dari fungsi ginjal yang menyebabkan penimbunan limbah metabolic di dalam daerah (azotemia).
Gagal ginjal kronis atau penyakit renal tahap akhir (ESRD) merupakan ganguan fungsi renal yang progresif dan irreversible. Dimana kemampuan tubuh gagal untuk mempertahankan metabolisme dan keseimbangan cairan dan elektrolit, menyebabkan liremia (retensi urea dan sampah nitrogen lain dalam darah (Brunner & Suddart, 2001: 1448).
Gagal ginjal kronik atau penyakit ginjal tahap akhir adalah gangguan fungsi ginjal yang menahun bersifat progresif dan irrefersible. Dimana kemampuan tubuh gagal untuk mempertahankan metabolisme dan keseimbangan cairan dan elektrolit, menyebabkan liremia (retensi kimian dan sampah nitrogen lain dalam darah (KMB vol 2 hal 1448)
Gagal ginjal kronis adalah suatu sindrom klinis yang disebabkan penurunan fungsi ginjal yang bersifat menahun berlangsung progresif dan cukup lanjut, hal ini terjadi bila laju filtrasi glomerular kurang dari 50 ml/ min (Suyono, et al, 2001)

Baca Juga :
  1. Tanda dan Gejala Gagal Ginjal Kronis
  2. Patofisiologi Gagal Ginjal Kronis
  3. Stadium Penyakit Gagal Ginjal
  4. Pemeriksaan Diagnostik pada Gagal Ginjal
  5. Komplikasi dan Penatalaksanaan Gagal Ginjal
Load disqus comments

3 komentar